https://conference.unib.ac.id/index.php/snpkrafflesia/issue/feed Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Rafflesia 2025-06-02T08:30:44+00:00 Sura Menda Ginting sura_mg@unib.ac.id Open Journal Systems https://conference.unib.ac.id/index.php/snpkrafflesia/article/view/242 PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LAJU REAKSI DI SMAN 7 KOTA BENGKULU 2025-01-15T02:25:23+00:00 Aisyah Safira aisyahsafira303@gmail.com Dewi Handayani d.handayani@unib.ac.id Elvinawati elvinawati@unib.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini adalah penelitian </span><em><span style="font-weight: 400;">pre-experimental</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang bertujuan untuk menerapkan LKPD kimia berbasis </span><em><span style="font-weight: 400;">Guided Discovery Learning</span></em><span style="font-weight: 400;"> (GDL) pada materi laju reaksi dan melihat peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah penerapan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2023 di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Sampel yang digunakan pada uji coba adalah kelas XI MIPA 6. Instrumen yang digunakan adalah soal </span><em><span style="font-weight: 400;">pretest</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan </span><em><span style="font-weight: 400;">posttest</span></em><span style="font-weight: 400;">. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata pretest dengan skor 42,22 dan hasil rata-rata posttest sebesar 83,89. Peningkatan hasil skor </span><em><span style="font-weight: 400;">pretest</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan </span><em><span style="font-weight: 400;">posttest</span></em><span style="font-weight: 400;"> (</span><em><span style="font-weight: 400;">n-gain score</span></em><span style="font-weight: 400;">) yang didapatkan adalah sebesar 0,72, sehingga LKPD kimia berbasis </span><em><span style="font-weight: 400;">Guided Discovery Learning</span></em><span style="font-weight: 400;"> (GDL) dikategori tinggi dan dapat diterapkan untuk membantu maningkatkan hasil belajar siswa.</span></p> 2025-06-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Rafflesia https://conference.unib.ac.id/index.php/snpkrafflesia/article/view/243 SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH PENDEKATAN STEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA 2025-01-15T02:40:05+00:00 Dewi Handayani d.handayani@unib.ac.id Choirun Nisa d.handayani@unib.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">STEAM merupakan sebuah pendekatan pembelajaran berbasis Sains (</span><em><span style="font-weight: 400;">Science</span></em><span style="font-weight: 400;">), Teknologi (</span><em><span style="font-weight: 400;">Technology</span></em><span style="font-weight: 400;">), Teknik (</span><em><span style="font-weight: 400;">Engineering</span></em><span style="font-weight: 400;">), Seni (</span><em><span style="font-weight: 400;">Art</span></em><span style="font-weight: 400;">) dan Matematika (</span><em><span style="font-weight: 400;">Mathematic</span></em><span style="font-weight: 400;">) yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Artikel ini akan membahas terkait pengaruh STEAM terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR </span><em><span style="font-weight: 400;">(Systematic Literature Review)</span></em><span style="font-weight: 400;"> dengan mengkaji 10 artikel ilmiah yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir dan terindeks dalam SINTA (</span><em><span style="font-weight: 400;">Science and Technology Index</span></em><span style="font-weight: 400;">) dengan peringkat 1 hingga 5, Artikel-artikel ini didapatkan di </span><em><span style="font-weight: 400;">Google Scholar</span></em><span style="font-weight: 400;">. Hasil kajian ini menemukan bahwa implementasi pendekatan STEAM secara umum memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa di berbagai mata pelajaran dan tingkat pendidikan. Kajian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana STEAM dapat diterapkan, karena ada peningkatan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Selain itu, penerapan STEAM meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa, serta meningkatkan minat dan keinginan mereka untuk belajar</span></p> 2025-06-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Rafflesia https://conference.unib.ac.id/index.php/snpkrafflesia/article/view/244 PENERAPAN E-MODUL HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU 2025-01-15T02:54:30+00:00 Wydia Kelara Sari clarawydia23@mail.com Dewi Handayani d.handayani@unib.ac.id Hermansyah Amir hermansyah1962@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifitasan penggunaan e-modul untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang diterapkan pada materi hidrokarbon. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest dan postest design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu dengan sampel kelas Xl MIPA 3 berjumlah 33 siswa menggunakan instrumen berupa 10 soal pilihan ganda dalam dua kali pertemuan dengan soal yang berbeda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisa data diuji dengan uji paired sample t-test dan nilai N-Gain. Dari pengujian sampel diperoleh nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05. Nilai rata-rata N-Gain didapatkan peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan modul elektronik sebesar 66,36 sedangkan untuk nilai rata-rata postest setelah menggunakan modul elektrokik sebesar 83,03 untuk indikator respon siswa sendiri cukup baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul pada materi hidrokarbon terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik</span></p> 2025-06-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Rafflesia https://conference.unib.ac.id/index.php/snpkrafflesia/article/view/245 ARTIKEL REVIEW: PENGGUNAAN BAHAN ALAM SEBAGAI PENGAWET ALAMI UNTUK IKAN 2025-01-15T03:09:15+00:00 Annida Nurul Shabrina anninda@mhs.unib.ac.id Nurhamidah nurhamidah@unib.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Pengawet alami untuk produk perikanan telah menjadi fokus penyelidikan ekstensif baru-baru ini. Ada beberapa bahan alami yang telah diteliti dan berpotensi digunakan sebagai pengawet alami untuk ikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai kandungan senyawa dan efektivitas dari berbagai bahan alam yang berpotensi sebagai pengawet alami ikan. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review dengan model PRISMA checklist 2020. Berdasarkan dari 17 artikel yang telah dikumpulkan dan direview, ekstrak bahan alam yang mudah ditemukan dalam jumlah banyak di kehidupan sekitar efektif untuk mengawetkan ikan segar. Kandungan senyawa metabolit sekunder terutama senyawa fenolik dan minyak atsiri berperan penting sebagai agen antimikroba alami. Konsentrasi rata-rata yang efektif adalah 30% yang dapat mengawetkan ikan segar pada suhu ruang selama 12-36 jam. Penggunaan bahan alam sebagai pengawet alami pada ikan segar menjanjikan sebagai alternatif yang ramah lingkungan dan memiliki efektivitas yang baik dalam menjaga kesegaran dan kualitas ikan selama penyimpanan</span></p> 2025-06-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Rafflesia https://conference.unib.ac.id/index.php/snpkrafflesia/article/view/246 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Memotivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Ikatan Kimia 2025-01-15T03:23:38+00:00 Aulia Asriani auliaasriani13@gmail.com Rina Elvia relvia@unib.ac.id Hermansyah Amir hermansyah1962@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis </span><em><span style="font-weight: 400;">android </span></em><span style="font-weight: 400;">pada materi Ikatan Kimia</span> <span style="font-weight: 400;">yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, respon peserta didik dan memotivasi belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu </span><em><span style="font-weight: 400;">ADDIE.</span></em><span style="font-weight: 400;"> Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu sejak bulan Maret hingga bulan Juni dengan subjek penelitian yaitu 12 peserta didik kelas X-G untuk uji coba kelompok kecil dan 36 peserta didik kelas X-H untuk uji coba kelompok besar. Dari hasil penelitian diperoleh (1) kelayakan oleh validator ahli media dan materi dengan persentase rata-rata sebesar 97% dan 91,25%, dengan kategori sangat valid, (2) dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis </span><em><span style="font-weight: 400;">android </span></em><span style="font-weight: 400;">pada materi ikatan kimia yang telah dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 88,46%, (3) setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis </span><em><span style="font-weight: 400;">android </span></em><span style="font-weight: 400;">yang telah dikembangkan diketahui bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar peserta didik dengan persentase 88,01% yang berkategorikan sangat tinggi</span></p> 2025-06-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Rafflesia https://conference.unib.ac.id/index.php/snpkrafflesia/article/view/248 UJI FISIK DAN ANTIBAKTERI HAND SANITIZER GEL EKSTRAK DAUN RUKU-RUKU (Ocimum tenuiflorum) TERHADAP BAKTERI PATOGEN 2025-01-15T03:45:38+00:00 Sulis Susilawati sulis021002@gmail.com Hermansyah Amir hermansyah1962@gmail.com Dewi Handayani d.handayani@unib.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan fitokimia ekstrak daun ruku-ruku, kualitas fisik dan aktivitas antibakteri hand sanitizer gel ekstrak daun ruku-ruku (</span><em><span style="font-weight: 400;">Ocinum tenuiflorum</span></em><span style="font-weight: 400;">) dalam upaya menggantikan alcohol yang menjadi bahan aktif </span><em><span style="font-weight: 400;">hand sanitizer</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang menyababkan iritasi kulit. Ekstrak daun ruku-ruku yang telah dibuat ditambahkan kedalam hand sanitizer gel dengan variasi formula 1 sampai 3 dengan konsentrasi masing-masing sebesar 1%, 2% dan 3% serta basis tanpa penambahan ekstrak daun ruku-ruku. Hasil uji sifat fisik semua hand sanitizer gel menunjukan bahwa pada uji homogenitas, iritasi kulit dan pH yang dihasilkan sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), sedangkan untuk uji daya sebar dan uji visikositas hanya formula 1 yang memenuhi SNI. Uji organoleptik diperoleh hasil bahwa hanya formula 1 dan basis yang memenuhi SNI. Uji antibakteri ketiga formula hand sanitizer gel ekstrak daun ruku-ruku belum mampu dalam menghambat pertumbuhan bakteri </span><em><span style="font-weight: 400;">Staphylococcus aureus</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan </span><em><span style="font-weight: 400;">Escericia coli</span></em></p> 2025-06-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Rafflesia https://conference.unib.ac.id/index.php/snpkrafflesia/article/view/249 PEMANFAATAN BIOETANOL DARI FERMENTASI SINGKONG PADA PENGEMBANGAN DESAIN PRAKTIKUM ESTERIFIKASI BERBASIS GREEN CHEMISTRY 2025-01-15T03:56:38+00:00 Lesa Maharani maharanilesa3@gmail.com Sura Menda Ginting sura_mg@unib.ac.id I Nyoman Candra inyomancandra@unib.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip </span><em><span style="font-weight: 400;">green chemistry</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan respon mahasiswa terhadap desain praktikum esterifikasi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 3D (</span><em><span style="font-weight: 400;">Define, Design</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan </span><em><span style="font-weight: 400;">Development</span></em><span style="font-weight: 400;">). Sampel penelitian ini adalah bioetanol hasil fermentasi singkong dengan metode variasi pengurangan kadar air. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan kimia yang berjumlah 22 orang untuk uji respon skala kecil. Instrumen penelitian ini berupa lembar hasil uji laboratorium, lembar validasi materi dan lembar angket respon mahasiswa. Desain praktikum esterifikasi berbasis </span><em><span style="font-weight: 400;">green chemistry</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang dikembangkan berhasil menerapkan 5 prinsip </span><em><span style="font-weight: 400;">green chemistry</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan mendapatkan persentase rata-rata dari validator ahli sebesar 87,5% dan respon mahasiswa sebesar 83,5%.</span> <span style="font-weight: 400;">Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bioetanol hasil fermentasi singkong dapat digunakan pada praktikum esterifikasi dan desain praktikum esterifikasi berbasis </span><em><span style="font-weight: 400;">green chemistry</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan menerapkan 5 prinsip </span><em><span style="font-weight: 400;">green chemistr</span></em></p> 2025-06-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Rafflesia https://conference.unib.ac.id/index.php/snpkrafflesia/article/view/250 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TURNAMENT BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 3 SMAN 9 KOTA BENGKULU 2025-01-15T04:12:38+00:00 Nurhamidah nurhamidah@unib.ac.id <p>Jenis penelitian yang diIakukan yaitu PeneIitian Tindakan KeIas<em>, </em>dalam &nbsp;pelaksanaanya bekerja sama dengan guru mata peIajaran kimia keIas XI MIPA dan dua orang observer. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembeIajaran TGT berbantuan media quizizz terhadap hasil belajar peserta didik. &nbsp;PeneIitian diIakukan di keIas XI MIPA 3 SMA Negeri 9 Kota BengkuIu dengan jumIah sampeI 36 peserta didik. NiIai rata-rata hasiI beIajar peserta didik pada sikIus I 54,83 dan ketuntasan beIajar secara kIasikaI 42,86%. NiIai rata-rata hasil belajar pada siklus I 78,11 dan ketuntasan belajar secara kIasikaI 80,55%. PembeIajaran menggunakan model TGT dan media quizizz juga meningkatkan aktivitas guru, pada sikIus I 87,495% dan pada sikIus II meningkat menjadi 94,31%. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah terjadi peningkatan hasiI beIajar peserta didik seteIah meIakukan proses beIajar mengajar &nbsp;menggunakan modeI pembeIajaran TGT dengan bantuan media quizizz.</p> 2025-06-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Rafflesia https://conference.unib.ac.id/index.php/snpkrafflesia/article/view/251 Pengembangan Bahan Ajar dengan Metode 4STMD Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA 2025-01-15T04:21:37+00:00 Triana Krisandini tkrisandini@unib.ac.id Sjaeful Anwar saefulanwar@upi.edu <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar kimia materi Termokimia menggunakan metode </span><em><span style="font-weight: 400;">Four Steps Teaching Material Development </span></em><span style="font-weight: 400;">(4STMD). Metode penelitian yang digunakan adalah </span><em><span style="font-weight: 400;">Development Research </span></em><span style="font-weight: 400;">(DR) yang dibatasi pada dua tahap yaitu: </span><em><span style="font-weight: 400;">Design </span></em><span style="font-weight: 400;">dan</span><em><span style="font-weight: 400;"> Development</span></em><span style="font-weight: 400;">. Hasil pengembangan bahan ajar pada tahap, </span><em><span style="font-weight: 400;">Design</span></em><span style="font-weight: 400;"> menghasilkan rancangan bahan ajar berupa buku cetak. Tahapan </span><em><span style="font-weight: 400;">Development, pengembangan</span></em><span style="font-weight: 400;"> bahan ajar menggunakan metode </span><em><span style="font-weight: 400;">Four Steps Teaching Material Development</span></em><span style="font-weight: 400;"> (4STMD) yang terdiri dari empat tahap yaitu seleksi, strukturisasi, karakterisasi dan reduksi didaktik. Tahap pertama ini diawali dengan seleksi menghasilkan 11 indikator pencapaian kompetensi dan 18 label konsep. Pada langkah seleksi sumber digunakan 2 buah buku teks internasional dan 1 buah buku SMA. Hasil yang didapatkan pada tahap strukturisasi adalah peta konsep; struktur makro dan tiga level representasi yang sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai religius. Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa dari 30 teks yang diujikan pada 31 siswa kelas XI dari SMA Negeri di Rejang Lebong dan SMA Negeri di Kepahiyang sebanyak 4 teks yang termasuk kedalam kategori sulit yang kemudian dilakukan reduksi didaktik. Hasil dari tahap reduksi didaktik adalah teks yang sulit diberikan perlakuaan dengan jenis reduksi didaktik kembali kepada tahapan kualitatif dan pengabaian. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian pengembangan ini terbentuknya bahan ajar kimia materi Termokimia melalui pengembangan 4STMD</span></p> 2025-06-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Rafflesia https://conference.unib.ac.id/index.php/snpkrafflesia/article/view/304 PENERAPAN MODEL CONNECTED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KIMIA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA 2025-05-20T08:30:29+00:00 Rina Elvia relvia@unib.ac.id <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This research aims to stimulate the mathematical connection abilities of students in the Chemistry Education Study Program through the application of the connected model in the Chemistry Mathematics course. The subjects in this research were 32 students participating in the Mathematics and Chemistry course in the odd semester of the 2023/2024 academic year. Students' mathematical connection abilities are analyzed from test results on the topic of Algebraic and Transcendental Functions and their application in chemical calculations. The results of the research show that the application of the connected model in learning Mathematics and Chemistry is not optimal in stimulating students' mathematical connection abilities on several indicators. The achievement categories for each indicator are: a) Knowing the equivalent representation of a concept (medium), b) Looking for relationships from various representations concepts (medium), c) Understanding connections between topics in mathematics (medium), d) Applying mathematics in other fields (medium), e) Looking for relationships between one procedure and another procedure in the same representation (low), f) Applying relationships between mathematics topics and between mathematics topics and other fields (low).</em></p> <p>&nbsp;</p> 2025-06-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Rafflesia