Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar kimia materi Termokimia menggunakan metode Four Steps Teaching Material Development (4STMD). Metode penelitian yang digunakan adalah Development Research (DR) yang dibatasi pada dua tahap yaitu: Design dan Development. Hasil pengembangan bahan ajar pada tahap, Design menghasilkan rancangan bahan ajar berupa buku cetak. Tahapan Development, pengembangan bahan ajar menggunakan metode Four Steps Teaching Material Development (4STMD) yang terdiri dari empat tahap yaitu seleksi, strukturisasi, karakterisasi dan reduksi didaktik. Tahap pertama ini diawali dengan seleksi menghasilkan 11 indikator pencapaian kompetensi dan  18 label konsep. Pada langkah seleksi sumber digunakan 2 buah buku teks internasional dan 1 buah buku SMA. Hasil yang didapatkan pada tahap strukturisasi adalah peta konsep; struktur makro dan tiga level representasi yang sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai religius. Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa dari 30 teks yang diujikan pada 31 siswa kelas XI dari SMA Negeri di Rejang Lebong dan SMA Negeri di Kepahiyang sebanyak 4 teks yang termasuk kedalam kategori sulit yang kemudian dilakukan reduksi didaktik. Hasil dari tahap reduksi didaktik adalah teks yang sulit diberikan perlakuaan dengan jenis reduksi didaktik kembali kepada tahapan kualitatif dan pengabaian. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian pengembangan ini terbentuknya bahan ajar kimia materi Termokimia melalui pengembangan 4STMD

Keywords

4 STMD Termokimia Bahan Ajar 4STMD, Termokimia, Bahan Ajar

Article Details