Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifitasan penggunaan e-modul untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang diterapkan pada materi hidrokarbon. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest dan postest design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu dengan sampel kelas Xl MIPA 3 berjumlah 33 siswa menggunakan instrumen berupa 10 soal pilihan ganda dalam dua kali pertemuan dengan soal yang berbeda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisa data diuji dengan uji paired sample t-test dan nilai N-Gain. Dari pengujian sampel diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata N-Gain didapatkan peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan modul elektronik sebesar 66,36 sedangkan untuk nilai rata-rata postest setelah menggunakan modul elektrokik sebesar 83,03 untuk indikator respon siswa sendiri cukup baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul pada materi hidrokarbon terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik

Keywords

E-modul Hidrokarbon Hasil Belajar E-Modul, Hidrokarbon, Hasil Belajar

Article Details