Main Article Content
Abstract
STEAM merupakan sebuah pendekatan pembelajaran berbasis Sains (Science), Teknologi (Technology), Teknik (Engineering), Seni (Art) dan Matematika (Mathematic) yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Artikel ini akan membahas terkait pengaruh STEAM terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review) dengan mengkaji 10 artikel ilmiah yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir dan terindeks dalam SINTA (Science and Technology Index) dengan peringkat 1 hingga 5, Artikel-artikel ini didapatkan di Google Scholar. Hasil kajian ini menemukan bahwa implementasi pendekatan STEAM secara umum memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa di berbagai mata pelajaran dan tingkat pendidikan. Kajian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana STEAM dapat diterapkan, karena ada peningkatan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Selain itu, penerapan STEAM meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa, serta meningkatkan minat dan keinginan mereka untuk belajar